1 Maret 2015

ITO 2015

Berawal dari broadcast di salah satu grup chatting, gue memberanikan diri terlibat dalam suatu kegiatan yang berskala netral. Tidak terkait dengan suatu organisasi namun masih membawa nama kampus.


Program Indonesia Talent Look 2015, merupakan program seminar para anak-anak muda berbakat se-Jabodetabek. Kegiatan ini diselenggarakan oleh sebuah perusahaan yang produknya sudah ternama di Indonesia yakni Nutrifood Indonesia.

Di acara ITO 2015 ini, dilaksanakan di salah satu mall di daerah Kuningan. Berikut gue akan membagikan pengalaman mengikuti kegiatan yang super manfaat ini.

Seminggu sebelum kegiatan ITO berlangsung, kami para peserta yang terpilih mendapat e-mail pemberitahuan serta konfirmasi keikutsertaan akan kegiatan ini. Awalnya, gue agak ragu karena mengingat lokasi acara yang masih 'abu-abu' serta jadwal acara yang bentrok dengan berbagai kegiatan. Note: Kegiatan ini dekat-dekat dengan imlek sehingga gue harus bagi waktu dengan persiapan imlek juga. *nah loh!

Setelah meyakinkan diri, akhirnya gue 'iya-kan' keikutsertaan gue dan triiing... masuklah gue ke dalam grup diskusi ITO. Seingat gue, masuk grup 6 ya kalau nggak salah. *lupa.
Di dalam grup, kami berdiskusi mengenai materi yang ditanyakan dan membuat kesimpulannya.

Hari H.

Gue sudah bangun pagi-pagi demi ke Kuningan City. Bermodalkan GPS dan bertanya ke adek gue yang sudah pernah ke Kuningan, akhirnya jam setengah 7 berangkatlah gue. Sayangnya, layanan GPS itu kurang mendukung karena sinyal serta kontur jalanan yang bergelombang, kadang merubah rute se-enak layanan dan alhasil gue muter-muter daerah Poris-Karang Tengah-Ciledug dan ujung-ujungnya gue keluar di Meruya dan lewat jalan Panjang. Akhirnya gue keluar di Grogol dan kembali ke jalur awal (Daan Mogot) yang sebenarnya bisa gue pilih dari awal. Satu jam berkutat di daerah Tangerang saja... *sedih...*

Tiba di Kuncit, sudah telat beberapa menit dari jadwal semula. Pembicara 1 pun sudah bicara setengah jalan. Untungnya gue sempat mendengarkan beberapa materi menarik dari Ibu Petty selaku Head Editor dari Femina Group. Pembicara ke dua, ada Pak Bambang, seorang HR Manager dari World Bank dan terakhir ada Ibu Veronica Shinta, HR Manager dari Nutrifood Indonesia.
Ibu Petty
Ibu Veronica
Pak Bambang
Sesi tanya jawab
Beberapa pokok materi yang gue serap dari mereka bertiga adalah....
1. Gue dan para anak muda yang lahir setelah tahun '80-an, merupakan para generasi milaneal yang kepengen bekerja dengan di tutori, bukan di suruh-suruh atau manut-manut saja.
2. Kami para generasi yang super narsis, nggak bisa hidup tanpa internet bahkan sosmed.
3. Untuk dunia kerja, kami para generasi milaneal merupakan generasi penuh ide cemerlang dan tidak terduga oleh para generasi diatas kami. Sehingga kami tentu banyak diperlukan juga oleh para perusahaan-perusahaan di luar sana.

Menyimpulkan dari beberapa pokok materi, tiba-tiba gue tersentak dalam hati. Apakah pilihan gue sekarang dengan menjadi guru merupakan pilihan yang tepat? Karena, melihat peluang yang ada diluar sana, ditambah jenjang pendidikan yang sebentar lagi bisa gue raih setingkat lebih tinggi, ternyata 'kehidupan' serta 'pertarungan' dunia kerja diluar sana lebih terlihat menarik. Tapi, kembali lagi ke kesimpulan berikutnya, "Kami para milaneal, harus yakin pada pilihan dan tekuni agar berbuah melimpah". Itu kesimpulan gue berikutnya.

Setelah mendapat beberapa pencerahan mengenai masa depan yang lebih cemerlang, gue dan kelompok gue segera merapat dan mendiskusikan hasil pembicaraan di grup chatting tempo hari. Lalu, mendengarkan salah satu perwakilan dari satu kelompok sebagai perwakilan seluruh peserta ITO 2015 hari itu.

Diakhir acara, pembicara mengajak tiga orang mahasiswa untuk berbicara mengenai kisah inspiratif yang motivatif untuk dibagikan ke seluruh peserta. Kegiatan ini juga sekaligus membuka kegiatan awal dari CREW ID 2015. Para peserta dibawakan bingkisan serta notebook kecil dari Nutrifood. Tidak lupa, foto-foto sebagai kenang-kenangan dari kegiatan ini.

Seusai acara ini, kami para peserta diajak bergabung untuk membentuk CREW ID Batch pertama. Kali ini gue mencalonkan diri sebagai Digital Team CREW ID batch 1. Tim ini akan beroperasi selama 6 bulan untuk membagikan kisah-kisah inspiratif dan motivatif ke teman-teman diluar sana. Dan... gue pun terpilih dengan membawa nama kampus Universitas Buddhi Dharma yang kampusnya sendiri malah nggak tahu kalau ikutan kebawa sebagai perwakilan. *ups.


Senang rasanya bisa bersosialisasi dengan orang-orang hebat diluar sana. Banyak ilmu, inspirasi serta motivasi yang bisa diraih dan di petik dari tiap orang yang kita temui. Jangan lelah untuk berjuang dan berusaha, untuk masa depan yang lebih baik! Ganbatte!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^